Apa Itu Topologi ? Ini Dia Jawabannya !



Mungkin kalian bertanya ? apa itu topologi ? untuk apa topologi ? Nah ini dia penjelasan secara lengkapnya. Untuk kalian yang ingin mengetahui tentang topologi.

Topologi adalah suatu bentuk/ struktur jaringan yang menghubungkan antar komputer satu dengan yang lain dengan menggunakan media kabel maupun nirkabel. Jadi topologi berguna untuk menghubungkan satu PC/Laptop dengan PC yang lainnya.


Berikut adalah jenis - jenis topologi :

1. Topologi Bus bisa dibilang topologi yang cukup sederhana dibanding topologi yang lainnya. Topologi ini biasanya digunakan pada instalasi jaringan berbasis fiber optic, kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan client atau node.

2. Topologi Star atau bintang merupakan salah satu bentuk topologi jaringan yang biasanya menggunakan switch/ hub untuk menghubungkan client satu dengan client yang lain. 

3. Topologi Ring merupakan salah satu topologi jaringan yangmenghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dalam suatu rangkaian melingkar, mirip dengan cincin. Biasanya topologi ini hanya menggunakan LAN card untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.

4. Topologi Mesh merupakan bentuk topologi yang sangat cocok dalam hal pemilihan rute yang banyak. Hal tersebut berfungsi sebagai jalur backup pada saat jalur lain mengalami masalah.

5. Topologi Tree atau pohon merupakan topologi gabungan antara topologi star dan juga topologi bus. Topologi jaringan ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda-beda.

6. Topologi Peer To Peer merupakan topologi yang sangat sederhana dikarenakan hanya menggunakan 2 buah komputer untuk saling terhubung. Pada topologi ini biasanya menggunakan satu kabel yang menghubungkan antar komputer untuk proses pertukaran data.

7. Topologi Linier atau biasaya disebut topologi bus beruntut. Pada topologi ini biasanya menggunakan satu kabel utama guna menghubungkan tiap titik sambungan pada setiap komputer.

8. Topologi Hybrid merupakan topologi gabungan antara beberapa topologi yang berbeda. Pada saat dua atau lebih topologi yang berbeda terhubung satu sama lain, disaat itulah gabungan topologi tersebut membentuk topologi hybrid.

Nah sekian review & ilmu dari saya, untuk PDF versi lengkapnya bisa kalian download Disini.

0 Response to "Apa Itu Topologi ? Ini Dia Jawabannya !"

Post a Comment

Jangan Berdiskusi di komentar, Jika kamu mempunyai masalah pada komputer kamu, Tolong tanyakan pada Forum. :)