Tutorial Crimping Kabel UTP

Halo sobat ATKomputechz, kali ini saya akan memberikan tutorial Crimping Kabel UTP. Nah, crimping itu apa sih ? Crimping itu proses dimana sebuah kabel jaringan di proses agar mampu menjadi sebuah kabel jaringan yang utuh atau sempurna, atau singkatnya crimping adalah cara membuat kabel jaringan.

Crimping kabel dengan UTP lebih gampang, kenapa harus UTP ? Penggunaan UTP lebih cocok untuk pemula yang ingin praktek crimping. disamping lebih murah, teknik crimping lebih mudah daripada menggunakan STP. UTP dan STP merupakan 2 jenis kabel jaringan yang berbeda tapi sama fungsi, yang membedakan kedua kabel tersebut hanyalah bagian fisiknya saja.  UTP ( Unshielded Twist Pair) dan STP ( Shielded Twist Pair ). 


Alat dan Bahan untuk Crimping kabel yaitu :
  1. Kabel UTP
  2. Konektor RJ-45
  3. Tang Crimping
  4. LAN Tester
  5. Gunting
Dalam Crimping/Pengkabelan, ada beberapa teknik crimping yang memiliki kegunaan yang berbeda juga. Ada Kabel Straight, Cross-Over, dan Roll-Over. 

  • Tipe Straight
Tipe ini adalah yang paling mudah dibuat. Karena kabelnya langsung sama ujung satu dengan ujung yang lainnya. korespondensinya 1-1. Standar urutannya seperti gambar dibawah ini.

  • Tipe Cross-Over
Untuk tipe cross itu digunakan untuk menyambungkan langsung antar dua PC, atau yang umumnya digunakan untuk menyambungkan antar hub. (misalnya karena colokan di hubnya kurang). Cara pemasangannya juga sebenarnya mudah, sama seperti tipe straight, pin yang digunakan juga sebenarnya hanya 4 pin saja, yaitu pin 1, 2, 3 dan 6.

  • Tipe Roll-Over
Tipe Roll-Over hampir sama seperti straight trough, cuma bedanya, ujung yang lain urutannya dibalik. Standard pengkabelan ini seperti gambar dibawah ini.

1 Response to "Tutorial Crimping Kabel UTP"

Jangan Berdiskusi di komentar, Jika kamu mempunyai masalah pada komputer kamu, Tolong tanyakan pada Forum. :)